Brighton

Manajer Arsenal Mikel Arteta menilai kemenangan di markas Brighton & Hove Albion akan menambah rasa percaya diri timnya saat menjalani laga tandang di sisa musim. Sebab banyak lawan berat sudah menanti.

Arsenal meraih kemenangan 3-0 di Stadion Falmer, Sabtu (6/4/2024). Gol dari Bukayo Saka, Kai Havertz, dan Leandro Trossard memastikan The Gunners pulang membawa tiga poin serta naik ke puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan 71 poin dari 31 laga.

Di laga ini, Arsenal yang hanya memiliki 45 persen penguasaan bola justru melepaskan 20 percobaan dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Jauh lebih efektif dari tuan rumah yang hanya memiliki dua shot on target dari tujuh tembakan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengingat Brighton asuhan Roberto De Zerbi merupakan salah satu tim yang disegani di Inggris, Arteta melihat kemenangan timnya sebagai modal besar menatap sisa tujuh laga musim ini yang tidak mudah. Banyak tim besar menanti, khususnya laga tandang.

“Ya, tentu saja,” ujar Arteta saat ditanya apakah kemenangan atas Brighton akan meningkatkan rasa percaya diri Arsenal jelang akhir musim, seperti dikutip The Guardian.

“Brighton adalah tempat yang sangat, sangat sulit untuk ditaklukkan, tetapi kami berhasil melakukannya lewat formula dan cara kami. Semoga kami bisa melanjutkan apa yang sudah kami lakukan sejauh ini,” jelas pelatih asal Spanyol itu.

Arsenal akan bertamu ke Wolverhampton Wanderers, Tottenham Hotspur, dan Manchester United di pekan ke-33, 35, dan 37. Tiga laga itu akan menjadi krusial dalam penentuan gelar juara. Namun laga kandang tak kalah berat. Mereka akan menjamu Aston Villa, Chelsea, Bournemouth, dan Everton.

“Kami harus melawan Aston Villa di kandang dan laga itu akan sulit karena mereka tim yang bagus. Kami tahu harus bermain seperti kami telah menang 10 kali dan seri sekali dari 11 (laga) terakhir namun masih belum nyaman di puncak klasemen. Rasanya seperti, ‘yang benar saja!’ Tapi memang beginilah levelnya.”

“Ini tentang performa. Anda harus menunjukkan bahwa Anda layak menang di liga ini dan banyak tim mengajukan banyak pertanyaan pada Anda. Ada banyak hal yang harus Anda kendalikan untuk memenangkan laga tandang di Premier League.”

“Tim ini tampaknya mengendalikan momen-momen semacam itu dengan lebih baik dan merasa nyaman di berbagai tahap permainan ketika tim-tim lain menuntut hal-hal lain. Itu adalah langkah besar sebagai sebuah tim,” Arteta menegaskan.

(adp/krs)