Bola.net – PSSI semakin serius menatap Liga 1 musim depan. PSSI mau memboyong wasit asing kelas atas ke kompetisi 2024/2025.

PSSI baru menggelar Refereeing Workshop for Media di GBK Arena, Jakarta pada Senin (8/7/2024). Salah satu pembahasannya adalah mengenai kemungkinan penggunaan wasit asing.

“Setiap bulan kami akan mengundang wasit asing terutama dari Asia,” ujar Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa kepada wartawan.

Wasit asing yang akan didatangkan ke Liga 1 berlabel kelas atas. Seperti calon wasit Piala Dunia atau wasit-wasit di kompetisi elite Asia.

“Termasuk wasit yang menjadi kandidat ke Piala Dunia atau wasit-wasit yang memimpin di negara yang sudah sukses. Seperti negara ini sudah mengirimkan klub ke Liga Champions Asia,” kata Ogawa.

1 dari 1 halaman

1 Wasit Asing per Bulan

Namun, wasit asing yang akan memimpin di Liga 1 musim depan jumlahnya tidak banyak. PSSI kemungkinan hanya akan menugaskan satu wasit asing dalam setiap bulannya.

“Tapi tidak begitu banyak. Karena kami harus memberikan kesempatan kepada wasit lokal. Setiap bulan kami mengundang satu wasit luar negeri,” imbuh Ogawa.

Adapun, Liga 1 musim depan akan dimulai pada 9 Agustus 2024 yang diawali oleh partai Persib Bandung kontra PSBS Biak. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga bakal menerapkan VAR selama semusim penuh.

(Bola.net/Fitri Apriani)