Bola.net – Persik Kediri mencatatkan sejarah. Macan Putih, julukan Persik Kediri, menjadi satu dari tiga klub yang dinyatakan lolos sepenuhnya dalam Club Licensing Regulations (CLR).

CLR sendiri merupakan pedoman yang diberikan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kepada klub-klub di wilayah mereka untuk berkompetisi. Klub-klub harus memenuhi sejumlah poin yang ada di CLR ini untuk berkompetisi di level internasional.

Ada lima aspek dalam pedoman ini. Kelima aspek tersebut yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, administrasi, dan pembinaan usia dini, serta sumber daya manusia. Kelima aspek ini masih terbagi lagi dalam 49 poin turunan yang harus dipenuhi.

Pada musim 2023/2024, ada 41 klub Indonesia, 18 klub Liga 1 dan 23 klub Liga 2, yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan lisensi ini. Dari 41 klub tersebut, hanya tiga di antaranya yang lolos sepenuhnya untuk mendapatkan lisensi ini. Selain Persik Kediri, dalam daftar pendek tersebut ada Bali United dan Borneo FC. Ketiga klub ini lolos dalam tiga kategori, yaitu AFC Champions League 2, AFC Challenge League dan kategori Liga 1.

Direktur Persik Kediri, Souraiya Farina, mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini. Ia pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pihaknya meraih CLR ini.

“Lisensi dari AFC ini sangat membanggakan karena pencapaian pertama kalinya bagi Persik Kediri,” kata Souraiya, dalam rilis yang didapat Bola.net.

“Kami juga memahami pentingnya lima aspek lisensi bagi sebuah klub profesional. Sesuai dengan visi dan misi Persik Kediri, kami juga tidak ingin berprestasi atau dikenal di tingkat nasional, tapi juga bermain di level Asia. Lolos club licensing juga merupakan syarat mutlak bagi klub profesional.” jelasnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.