Bola.net – Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, tidak terlalu peduli dengan penguasaan bola timnya ketika melawan Bali United. Alih-alih ball possession, kemenangan lebih penting untuk juru taktik berusia 53 tahun ini.

Persib kalah penguasaan bola dari Bali United. Maung Bandung mencatatkan 42 persen, sedangkan Serdadu Tridatu membukukan 58 persen ball possession.

Bojan Hodak punya filosofi tersendiri mengenai penguasaan bola. Menurutnya, ball possesion lebih krusial untuk pemain di bawah usia 12 tahun ketimbang klub profesional.

“Apakah penguasaan bola itu penting? Saya hanya bertanya. Apakah memainkan bola oleh empat pemain belakang itu penting?” ujar Bojan Hodak.

1 dari 2 halaman

Yang Penting Menang

Yang Penting Menang

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak. (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Dalam laga leg pertama babak semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023-2024, Persib menahan imbang Bali United 1-1 di Bali United Training Center, Gianyar, Selasa (14/5).

Serdadu Tridatu unggul lebih dulu melalui Jefferson Assist pada menit ke-83. Namun, disamakan Maung Bandung lewat David da Silva pada menit ke-90+9.

“Yang terpenting adalah gol, peluang, dan tembakan. Penguasaan bola itu penting untuk anak-anak di bawah 12 tahun, karena itu jadi latihan untuk melakukan operan dan mengarahkan bola pada target,” tutur Bojan Hodak.

“Tapi di sepakbola profesional adalah yang penting bagaimana caranya untuk menang. Tidak ada yang lain,” imbuhnya.

Persib bakal menjadi tuan rumah dalam pertemuan kedua. Maung Bandung akan menjamu Bali United pada Sabtu (18/5) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

(Bola.net/Fitri Apriani)