Daftar Isi

Bola.net – Arema FC bakal melepas mayoritas pemain asing mereka di BRI Liga 1 2023/2024. Satu pemain asing dipastikan dilepas adalah Gustavo Almeida yang akan dipermanenkan Persija Jakarta.

Performa Arema FC jauh dari optimal pada musim 2023/2024. Singo Edan selalu berada di papan bawah klasemen, bahkan sangat lama berkubang di zona degradasi. Hal ini mau tidak mau membuat kinerja pemain asing disorot.

Mereka didatangkan untuk mendongkrak performa tim. Tapi tidak semuanya tampil sesuai ekspektasi. General Manager Arema, Yusrinal Fitriandi mengatakan jika pihaknya sudah melakukan evaluasi terkait pemain asing.

“Tidak semua pemain asing kami pertahankan. Bahkan mayoritas tidak diperpanjang,” kata pria yang akrab disapa Inal tersebut. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Siapa Pemain Asing yang Ditendang Arema FC?

Siapa Pemain Asing yang Ditendang Arema FC?

Skuat Arema FC merayakan gol Charles Lokolingoy ke gawang Persikabo 1973, Jumat (1/3/2024) (c) Dok. Arema FC

Inal tidak menyebutkan siapa saja pemain yang tidak lagi berbaju Arema musim depan. “Saya pikir, media sudah tahu siapa saja pemain itu,” lanjutnya.

Pada putaran kedua Arema hanya menggunakan lima pemain asing. Yakni Julian Guevara, Ariel Lucero, Charles Almeida, Charles Lokolingoy dan Julian Schwarzer.

Namun, dalam 10 laga terakhir, mereka tak pernah menurunkan lima pemain asing secara bersamaan. Ariel Lucero lebih banyak dibekap cedera. Sedangkan Charles Almeida lebih sering duduk di bangku cadangan. Sementara, Julian Schwarzer seperti tidak dapat kepercayaan lagi dalam tiga laga terakhir.

Hanya Julian Guevara dan Charles Lokolingoy yang selalu jadi pilihan utama hingga seri reguler berakhir. Besar kemungkinan, hanya dua pemain tersebut yang dapat perpanjangan kontrak dari Arema FC. Tapi, itu tergantung hasil dari negosiasi ke depan.

2 dari 3 halaman

Gustavo Almeida Dilepas ke Persija

Gustavo Almeida Dilepas ke Persija

Selebrasi pemain Arema FC, Gustavo Almeida Dos Santos saat melawan Persija Jakarta pada laga BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (20/08/2023). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Di sisi lain, Arema FC juga menegaskan mayoritas pemain (lokal) pinjaman tidak kembali. “Mayoritas pemain pinjaman tidak kembali. Terutama yang sudah senior dan berpengalaman,” katanya.

Total, ada 13 pemain Arema FC yang dipinjamkan ke klub lain. Dari 13 pemain tersebut, sebagian besar bermain di kasta kedua.

Hanya ada dua nama yang eksis di Liga 1, yakni Gustavo Almeida (Persija Jakarta) dan Rizky Dwi Febrianto (Borneo FC). Sebenarnya, dua pemain tersebut bisa mengangkat performa Arema. Namun, mereka juga tidak kembali ke Malang.

“Gustavo dipermanenkan Persija,” jelas pria yang akrab disapa Inal tersebut.

Disadur dari Bola.com: Iwan Setiawan/Wiwig Prayugi, 15 Mei 2024