Daftar Isi

Bola.net – Laga Bali United vs Persib Bandung dalam Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 bukan hanya menghadirkan tensi panas antar dua tim raksasa. Pertandingan yang digelar di Training Center Bali United pada Selasa (14/5/2024) malam WIB ini akan menorehkan sejarah baru bagi sepak bola Indonesia.

Penggunaan VAR di BRI Liga 1 ini merupakan langkah maju yang dinanti-nantikan oleh banyak pihak. Penggunaan VAR diharapkan dapat membantu para wasit dalam mengambil keputusan yang tepat dan adil di lapangan.

Hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas pertandingan dan memberikan rasa keadilan bagi semua pihak yang terlibat, baik pemain, tim, maupun suporter.

1 dari 3 halaman

Teknologi VAR Hadir Membawa Keadilan dan Kualitas

Teknologi VAR Hadir Membawa Keadilan dan Kualitas

Penggunaan VAR akan dimulai di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. (c) dok.PSSI

Penggunaan VAR di BRI Liga 1 merupakan langkah maju yang dinanti-nantikan. Teknologi ini diyakini mampu meningkatkan kualitas pertandingan dan memberikan rasa keadilan bagi semua pihak. Asep Saputra, Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), menyatakan bahwa VAR akan menjadi salah satu pembeda wajah BRI Liga 1 dan membuka jalan bagi berbagai inovasi lain di masa depan.

“Kami yakin VAR dapat membantu meningkatkan kualitas pertandingan dan memberikan rasa keadilan bagi semua pihak,” ujar Asep Saputra.

Penerapan VAR di Indonesia tak lepas dari komitmen PSSI untuk meningkatkan kualitas BRI Liga 1. Indonesia mengikuti jejak negara-negara tetangga di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang telah lebih dulu menggunakan teknologi ini.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir optimis bahwa VAR akan membawa dampak positif bagi sepak bola Indonesia. “Mudah-mudahan [dari VAR] yang pertama ini, wasit bisa pimpin dengan bagus, bisa kontrol pertandingan. Mudah-mudahan tidak perlu lama buat ada keputusan dari VAR,” ujar Erick.

2 dari 3 halaman

Dukungan Penuh dari Pelatih dan Pemain

Mobil VAR yang akan dipakai di BRI Liga 1 2023/2024 (c) PT LIBMobil VAR yang akan dipakai di BRI Liga 1 2023/2024 (c) PT LIB

Penggunaan VAR disambut antusias oleh para pelatih dan pemain di BRI Liga 1. Stefano ‘Teco’ Cugurra, Pelatih Bali United, berharap VAR dapat membantu meningkatkan kualitas wasit dan membuat pertandingan lebih adil.

“Mudah-mudahan [dari VAR] yang pertama ini, wasit bisa pimpin dengan bagus, bisa kontrol pertandingan. Mudah-mudahan tidak perlu lama buat ada keputusan dari VAR,” ujar Teco.

Senada dengan Teco, Nick Kuipers, bek Persib Bandung, juga meyakini bahwa VAR akan membawa perubahan positif bagi sepak bola Indonesia.

“VAR ini sesuatu yang bagus dan positif untuk sepak bola Indonesia seperti di Eropa, banyak kondisi penting dicek melalui VAR. Ini hal yang positif VAR dimasukkan dalam pertandingan dan harapannya ke depan digunakan untuk pertandingan lebih adil dan bersih, meningkatkan sepak bola Indonesia,” ucap Kuipers.

3 dari 3 halaman

Saksikan Sejarah Baru Sepak Bola Indonesia

 (c) SCM (c) SCM

Laga Persib vs Bali United bukan hanya tentang duel dua tim besar, tetapi juga menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Saksikan debut VAR di Liga 1 dan jadilah bagian dari sejarah baru sepak bola Indonesia!

Jadwal Championship Series Liga 1:

Leg 1

Rabu, 14 Mei 2024

19.00 WIB: Bali United FC vs Persib Bandung

Kamis, 15 Mei 2024

19.00 WIB: Madura United FC vs Borneo FC Samarinda

Leg 2

Sabtu, 18 Mei 2024

19.00 WIB: Persib Bandung vs Bali United FC

Minggu, 19 Mei 2024

19.00 WIB: Borneo FC Samarinda vs Madura United FC

Semua pertandingan ini akan disiarkan di Indosiar dan juga live streaming di Vidio.