Daftar Isi

Bola.net – Madura United selangkah lebih dekat untuk lolos ke final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Berhadapan dengan Borneo FC di leg pertama babak semifinal, Laskar Sapeh Kerrab berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

Gol kemenangan Madura United di laga ini dicetak oleh Jaja dari titik putih di babak kedua.

Berkat hasil ini, Madura United punya modal berharga untuk memainkan leg kedua di kandang Borneo FC pada akhir pekan nanti.

Simak jalannya pertandingan di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di Gelora Bangkalan ini berjalan dengan cukup sengit. Berstatus sebagai tuan rumah, Madura United tampil menekan sejak awal pertandingan.

Meski tampil dominan, Madura United kesulitan membuat peluang bersih di laga ini. Pasalnya Borneo FC bermain dengan disiplin, sehingga Madura United kesulitan mengancam gawang Borneo FC.

Borneo FC bukannya tanpa peluang di laga ini. Sesekali Pesut Etam mengancam gawang Madura United, namun mereka tidak bisa membuat peluang yang benar-benar berbahaya.

Di sisa babak pertama, Madura United terus menekan pertahanan sang tamu. Namun skor 0-0 masih bertahan hingga turun minum.

Simak jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Pieter Huistra membuat dua pergantian pemain. Stefano Lilipaly dan Muhammad Sihran keluar dan digantikan Wiljan Pluim dan Hendro Siswanto.

Masuknya Pluim ini membawa angin segar bagi Borneo FC. Pasalnya Pesut Etam tampil lebih berbahaya ketimbang di babak pertama.

Namun apes, di menit ke-75 Borneo FC dihukum penalti. Pasalnya Taufany menjatuhkan Afrisal yang melaju ke gawang Borneo. Wasit Thoriq Alkatiri menunjuk titik putih, dan keputusannya itu diperkuat setelah VAR memeriksa insiden tersebut.

Jaja yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti sukses menaklukkan Angga Saputro sehingga Madura United unggul 1-0 di laga ini.

Tertinggal 1-0, Borneo FC meningkatkan intensitas serangan mereka. Mereka mencoba untuk menyamakan kedudukan secepat mungkin.

Namun Madura United bertahan dengan rapi. Mereka sesekali melepaskan serangan balik yang mengancam, dan skor 1-0 tetap bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Madura United (4-3-3): Lucas Frigeri; Dodi Alekvan Djin, Cleberson Souza, Fachruddin Aryanto, Koko Ari Araya; Jacob Mahler, Jaja, Francisco Rivera; Riyatno Abiyoso, Dalberto, Riski Afrisal

Pelatih: Rahmat Basuki (Caretaker)

Borneo FC (4-2-3-1): Angga Saputro; Fajar Fathurrahman, Alfharezzi Buffon, Silverio, Leo Guntara; Adam Alis, Kei Hirose; Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, Sihran Amarullah; Felipe Cadenazzi

Pelatih: Pieter Huistra

4 dari 4 halaman

Statistik Pertandingan

Madura United – Borneo FC
Goal: 1-0
Shots on Target: 4-1
Posession: 60%-40%
Fouls: 12-11