Daftar Isi

Bola.net – Teknologi Video Assistant Referee (VAR) akhirnya diterapkan di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Teknologi ini mulai dimanfaatkan sejak Championship Series.

Wacana penggunaan VAR memang sudah bergulir sejak tahun 2023 kemarin. PSSI memastikan bahwa teknologi mutahir itu akan segera digunakan di BRI Liga 1 2023/2024.

Setelah menunggu proses yang berjalan selama beberapa bulan, VAR akhirnya diterapkan di BRI Liga 1 2023/2024. Teknologi ini diterapkan di Championship Series.

Laga leg pertama semifinal antara Bali United vs Persib Bandung menjadi laga pertama BRI Liga 1 2023/2024 yang menggunakan teknologi VAR. Bagaimana debut VAR di laga ini?

Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Satu Keputusan Krusial

Di laga Bali United vs Persib Bandung ini VAR memang tidak banyak beraksi. Tidak banyak insiden yang diperiksa VAR di laga ini.

Namun di awal babak kedua, VAR akhirnya resmi debut di BRI Liga 1 2023/2024. Dalam tayangan ulang, Kadek Agung melakukan pelanggaran terhadap David Da Silva di kotak penalti Bali United.

Awalnya wasit Heru Cahyono tetap melanjutkan pertandingan. Namun wasit VAR mengontak sang wasit untuk memberi tahukan insiden tersebut.

2 dari 6 halaman

Butuh Empat Menit

Dalam catatan Bolanet, proses pemeriksaan VAR untuk kali pertama di BRI Liga 1 2023/2024 membutuhkan waktu sekitar hampir empat menit.

Sekitar dua menit, wasit VAR mengontak Heru Cahyono melalui saluran komunikasi. Ia menjelaskan detail kejadian yang ia lihat dari tayangan ulang.

Setelah mendengar paparan itu, Heru Cahyono langsung berjalan ke pinggir lapangan untuk memeriksa tayangan tersebut. Ia butuh kurang dari dua menit sebelum memutuskan bahwa insiden tersebut adalah penalti untuk Persib.

3 dari 6 halaman

Gagal Gol

Pemain Persib menunjukkan ekspresi bahagia ketika Heru Cahyono menunjuk titik putih di gawang Bali United. Namun mereka gagal memaksimalkan peluang emas itu.

David Da Silva ditunjuk sebagai algojo gagal melakukan tugasnya dengan baik. Pasalnya eksekusi penaltinya dibaca dengan sempurna oleh Adilson Maringa.

Tembakan mendatar ke sisi kanan gawang Bali United berhasil ditepis oleh Maringa sehingga mereka gagal mencetak gol.

4 dari 6 halaman

Bali United Nyaris Kena Kartu Merah

Keputusan VAR kedua di laga ini adalah insiden di menit ke-73.

Pada saat itu terjadi perseteruan antara Jefferson Assis dan Nick Kuipers di pinggir lapangan. Dalam tayangan ulang, terlihat Jefferson sempat menggerakan tangannya dengan gerakan seakan meninju, meski tidak mengenai sang bek.

VAR merekomendasikan Heru Cahyono memeriksa insiden itu karena potensi kartu merah. Namun setelah memeriksa layar, Heru Cahyono menganggap apa yang dilakukan Jefferson itu tidak layak mendapatkan kartu merah.

5 dari 6 halaman

Pengecekan Ketiga

VAR juga melakukan pengecekan ketiga di pertandingan antara Bali United vs Persib Bandung ini.

Pengecekan itu terjadi setelah Jefferson Assis mencetak gol ke gawang Bali United. VAR terlihat menghubungi Heru Cahyono.

Penyebabnya ternyata ada dugaan offside saat terjadi proses terciptanya gol itu. Namun ternyata setelah diperiksa, gol Bali United itu tidak offside.

6 dari 6 halaman

Pertandingan Berakhir Imbang

Pertandingan leg pertama semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung ini berakhir tanpa pemenang.

Pertandingan yang sempat berjalan alot itu akhirnya kebuntuannya pecah di menit ke-82. Pada saat itu, striker Bali United, Jefferson Assis mampu mencetak gol.

Namun Bali United gagal mengamankan kemenangan setelah sundulan David da Silva di masa injury time berhasil membobol gawang Maringa.